Search

Cerita Luhut Soal Penguasaan Lahan dan Bisnis Batu Bara

Jakarta, CNBC Indonesia - Menterian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Luhut Binsar Panjaitan menjelaskan awal mula dirinya terjut ke bisnis pertambangan batu bara. Hal ini disampaikan terkait dengan polemik penguasaan lahan, dimana dirinya dikait-kaitkan dengan penguasaan ribuan lahan.

Dalam acara Kadin Talks, Luhut menceritakan jatuh bangun perjalanan hidupnya dari dunia militer sebelum, kemudian berbisnis batu bara dan menjalankan bisnis batu bara.


Luhut mengatakan pernah bingung menjalani kehidupan karir-nya karena ia yang memiliki latar belakang pendidikan kemiliteran harus menjalani berbagai tugas besar seperti menjadi Duta Besar Indonesia untuk Singapura, dan bahkan dipindah tugaskan untuk menjabat sebagai menteri di beberapa bidang.

"Waktu jadi Dubes RI untuk Singapura, saya bilang ke Presiden Habibie saya finish ... Tapi kemudian beliau bilang jangan takut. Perbaiki hubungan kita dengan Singapura," kata Luhut dalam acara Kadin Talks yang bertemakan "Jendral Segala Medan" di Menara Kadin, Jakarta Selatan, Kamis (28/2/2019).


"Lalu saya diangkat jadi menteri perindustrian dan perdagangan setelah satu tahun jadi Dubes. Tapi setelah satu setengah tahun jadi menteri, tiba-tiba diberhentikan ... Kemudian saya pikir harus masuk energi, mining (pertambangan). Saya perlu dana buat pendidikan." Tambahnya.

Luhut menyebut saat ini ia memiliki sekitar 6.000 hektar lahan pertambangan batu bara, menyusut dari sekitar 15.000 hektar diawal memulai bisnis-nya.

Menurut Luhut, untuk berhasil dalam hidup, ada beberapa kunci utama yang bisa diterapkan, di antaranya adalah selalu mengambil pelajaran dari setiap kesempatan dan mau berusaha keras serta menjalankan pekerjaan dengan sepenuh hati.

Ia juga menyebut perlu sekali untuk membangun koneksi atau pertemanan dengan baik.

"Seperti yang saya katakan, itu lah hidup. Ternyata saya make a lot of friend (dari semua pengalaman itu). Pembelajaran hidup. Jangan pernah hianati pertemananmu. Karena menurut saya pertemanan sangat penting. Itu saja." Jelas pria yang juga pernah menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan disingkat Menkopolhukam itu.

Prabowo Siap Kembalikan Lahannya
[Gambas:Video CNBC] (hps)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2tHJPNh

February 28, 2019 at 09:43PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cerita Luhut Soal Penguasaan Lahan dan Bisnis Batu Bara"

Post a Comment

Powered by Blogger.