Search

Rupiah Loyo, IHSG Harus Pasrah Akhiri Sesi I di Zona Merah

Jakarta, CNBC Indonesia - Dibuka menguat 0,16%, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) justru mengakhiri perdagangan sesi 1 di zona merah. IHSG melemah 0,26% ke level 6.453,05.

Saham-saham yang berkontribusi signifikan bagi pelemahan IHSG di antaranya: PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk/CPIN (-3,48%), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk/ICBP (-4,19%), PT Indofood Sukses Makmur Tbk/INDF (-3,62%), PT Bank Mandiri Tbk/BMRI (-1,02%), dan PT Adaro Energy Tbk/ADRO (-1,47%).

Kinerja IHSG berbanding terbalik dengan mayoritas bursa saham utama kawasan Asia yang ditransaksikan menguat: indeks Shanghai naik 0,69%, indeks Hang Seng naik 0,59%, dan indeks Straits Times naik 0,31%.

Pelemahan rupiah menyurutkan minat investor untuk masuk ke pasar saham dalam negeri. Hingga siang hari, rupiah melemah 0,28% di pasar spot ke level Rp 14.205/dolar AS.

Dolar AS memang sedang perkasa pada hari ini, ditunjukkan oleh indeks dolar AS yang menguat sebesar 0,16%. Ketidakpastian terkait dengan proses perceraian Inggris-Uni Eropa (Brexit) membuat dolar AS selaku safe haven menjadi incaran investor.

Hingga kini, parlemen Inggris masih terbelah, belum ada suara yang bulat untuk mengarah ke sebuah perjanjian perceraian dengan Uni Eropa.

Pada Rabu waktu setempat, parlemen akan melakukan pemungutan suara untuk menentukan langkah yang akan diambil terkait dengan Brexit. Beberapa opsi yang mencuat antara lain Inggris dan Uni Eropa akan berdiskusi kembali soal wilayah kepabeanan setelah resmi bercerai, Inggris tetap berada di wilayah kepabeanan tunggal Uni Eropa, atau menerapkan seperti Norwegia yaitu Inggris tetap berada di pasar tunggal Uni Eropa tetapi tidak masuk di wilayah kepabeanan.

Jika parlemen tak juga bisa mencapai kesepakatan, maka terdapat peluang Inggris akan meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan apapun (No-Deal Brexit). Hal ini dipastikan akan memukul laju perekonomian Inggris dan Uni Eropa secara signifikan. (ank/ank)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2uw3qjC

March 27, 2019 at 07:52PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rupiah Loyo, IHSG Harus Pasrah Akhiri Sesi I di Zona Merah"

Post a Comment

Powered by Blogger.