"Angka transaksi ini dikumpulkan dari sekitar delapan pemain utama e-commerce di Indonesia," ujar Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara, kepada sejumlah wartawan saat berkunjung ke Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur akhir pekan lalu.
Berdasarkan data BI, transaksi yang tumbuh paling tinggi adalah makanan dan minimum (food and baverages). Transaksinya meningkat dari Rp 630,6 miliar menjadi Rp 2.289 triliun atau melonjak 262,99%.
Barang-barang fesyen yang transaksi pertumbuhannya paling tinggi tahun lalu. Nilainya mencapai Rp 12,125 triliun atau tumbuh 261,19% dibandingkan transaksi tahun 2017 sebesar Rp 3,357 triliun.
Lalu, transaksi produk kecantikan dan kosmetik yang naik dari Rp 2,695 triliun menjadi Rp 7,443 triliun. Angka ini melonjak 176,63%.
Foto: Infografis/KOMPETISI E-COMMERCE DI INDONESIA/Aristya Rahadian Krisabella
|
Dari sisi nilai, pembelian tertinggi terjadi untuk produk Gadget & accessories, nilainya Rp 16,823 triliun atau meningkatkan 109,82% dibandingkan transaksi tahun 2017 sebesar Rp 8,018 triliun.
Berikut daftar produk-produk yang ramai dibeli dari toko online (e-commerce):
- Gadget & accessories nilainya Rp 16,823 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 8,018 triliun
- Fashion nilainya Rp 12,125 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 3,357 triliun
- Computer & accessories nilainya Rp 7,814 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 3,672 triliun
- Personal care & cosmetic, nilainya Rp 7,443 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 2,695 triliun
- Electronic nilainya Rp 5,255 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 2,313 triliun
- HH & Office Supplies nilainya Rp 4,909 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 1,899 triliun
- Automotive & Accessories nilainya Rp 3,739 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 1,581 triliun
- Food and beverages nilainya Rp 2,289 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 630,6 miliar
- Photography nilainya Rp 2,49 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 1,409 triliun
- Sport Apparel nilainya Rp 2,49 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 1,409 triliun
- Book & Stationary nilainya Rp 689,39 miliar, dari tahun sebelumnya Rp 227,4 miliar
- Music and film nilainya Rp 453,32 miliar, dari tahun sebelumnya Rp 207,2 miliar
- Lainnya nilainya Rp 11,377 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 3,846 triliun.
[Gambas:Video CNBC]
(roy/roy)
https://ift.tt/2Hnx42a
March 11, 2019 at 07:45PM
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Nilai Triliunan, Ini yang Paling Banyak Diburu di Toko Online"
Post a Comment