Search

Menkeu AS Bawa Kabar Baik Usai Nego Dagang dengan China

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Steven Mnuchin melalui sebuah tweet, Jumat (29/3/2019), mengatakan ia dan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer telah menyimpulkan pembicaraan perdagangan di Beijing sebagai sesuatu yang "konstruktif".

"Saya berharap dapat menyambut Wakil Perdana Menteri China Liu He untuk melanjutkan diskusi penting ini di Washington pekan depan," katanya dalam tweet itu, mengutip CNBC International.


Mnuchin dan Lighthizer berada di ibu kota China untuk mengadakan pertemuan tatap muka pertama antara kedua belah pihak dalam beberapa pekan setelah kedua negara setuju memperpanjang tenggat waktu untuk melahirkan kesepakatan dari akhir Maret.

Perpanjangan batas waktu itu terjadi lantaran pertemuan puncak antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping saat itu tidak menghasilkan kesepakatan apapun.

Trump telah memberlakukan bea masuk terhadap US$ 250 miliar impor China tahun lalu sebagai upaya untuk memaksa China mengubah cara berbisnis dengan negara-negara lain di dunia dan untuk membuka lebih banyak ekonominya kepada perusahaan-perusahaan AS.

Pada hari Kamis, Perdana Menteri China Li Keqiang mengatakan Beijing akan memperluas akses pasar untuk bank-bank, perusahaan sekuritas, dan asuransi asing.

Menkeu AS Bawa Kabar Baik Usai Nego Dagang dengan ChinaFoto: Wakil Perdana Menteri China Liu He (kiri) bersama Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin (kanan) dan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer (tengah) di Guesthouse Negara Bagian Diaoyutai di Beijing (29/3/2019). (Nicolas Asfouri / Pool via REUTERS)

Hal itu menambah spekulasi bahwa China akan segera mengumumkan peraturan baru untuk memungkinkan perusahaan keuangan asing meningkatkan kehadiran mereka di dalam negeri.

Penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow mengatakan Amerika Serikat mungkin akan mengurangi sebagian tarif jika kesepakatan perdagangan tercapai. Sebagian tarif akan dibiarkan untuk memastikan kepatuhan Beijing.

"Kami tidak akan menghapuskan bea impor kami," katanya kepada wartawan di Washington, Kamis.

Menkeu AS Bawa Kabar Baik Usai Nego Dagang dengan ChinaFoto: Wakil Perdana Menteri China Liu He, tengah, berpose untuk foto dengan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin, kanan, dan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer di Guesthouse Negara Diaoyutai di Beijing, Jumat, 29 Maret 2019. (Nicolas Asfouri via AP, Pool)

Mnuchin dan Lighthizer menyapa Liu yang menunggu di Guest House Diaoyutai State sebelum jam 9 pagi pada hari Jumat untuk mengadakan pembicaraan, yang kata Menteri Perdagangan China akan dilakukan seharian penuh.

Trump telah banyak menuntut China, yang di antaranya adalah agar Beijing mengakhiri praktiknya yang dituduh Washington mengakibatkan pencurian sistematis kekayaan intelektual AS dan pemindahan paksa teknologi Amerika ke perusahaan-perusahaan China.


Perusahaan AS mengatakan mereka sering ditekan untuk menyerahkan pengetahuan teknologi kepada mitra usaha patungan, pejabat lokal atau regulator China sebagai syarat untuk melakukan bisnis di negara Tirai Bambu.

Pemerintah AS mengatakan bahwa teknologi sering kali diminta ditransfer ke dan digunakan oleh pesaing China. (prm)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2OxBfdo

March 30, 2019 at 01:14AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menkeu AS Bawa Kabar Baik Usai Nego Dagang dengan China"

Post a Comment

Powered by Blogger.