Search

Jelang Negosiasi Dagang AS-China, Indeks Shanghai Menghijau

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Shanghai dibuka menguat 0,51% ke level 3.012,26, sementara indeks Hang Seng turun tipis 0,01% ke level 28.564,71.

Optimisme dalam menyambut negosiasi dagang AS-China yang akan digelar di Beijing pada hari Kamis dan Jumat (28-29 Maret) mendorong pelaku pasar melakukan aksi beli di bursa saham China. Dalam negosiasi kali ini, Kepala Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin akan melakukan dialog dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He untuk mencoba mencapai kesepakatan dagang.

Sejauh ini, AS telah mengenakan bea masuk baru bagi produk impor asal China senilai US$ 250 miliar, sementara China membalas dengan mengenakan bea masuk baru bagi produk impor asal AS senilai US$ 110 miliar.

Jika kedua negara bisa mencapai kesepakatan dagang, besar kemungkinan bahwa pengenaan bea masuk tersebut akan dihapuskan dan mendorong laju perekonomian kedua negara. Hal ini menjadi sangat penting guna mencegah perekonomian China mengalami hard landing pada tahun ini.

Sementara itu, indeks Hang Seng terkoreksi seiring dengan rilis data ekonomi Hong Kong yang mengecewakan. Kemarin (26/3/2019), ekspor periode Februari 2019 diumumkan jatuh hingga 6,9% secara tahunan, jauh lebih dalam dibandingkan kontraksi sebesar 0,4% pada bulan Januari, seperti dilansir dari Trading Economics. Sementara itu, impor jatuh sebesar 3,8%.

TIM RISET CNBC INDONESIA (ank/ank)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2TEkJZT

March 27, 2019 at 03:53PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jelang Negosiasi Dagang AS-China, Indeks Shanghai Menghijau"

Post a Comment

Powered by Blogger.