Search

Dunia Cemas AS Resesi, Yen Melesat ke Level Tertinggi 6 Pekan

Tokyo, CNBC Indonesia - Mata uang Jepang, yen, menguat terhadap beberapa mata uang dunia lainnya, pada perdagangan Senin (25/3/2019), saat kekhawatiran terkait perlambatan ekonomi global meningkatkan permintaan atas mata uang ini.

Yen, yang dipandang sebagai salah satu aset safe haven, menyentuh posisi terkuatnya dalam enam pekan terakhir melawan dolar Amerika Serikat (AS).

Mata uang Jepang itu tercatat melompat 0,15% ke posisi 109,79 terhadap dolar AS, posisi terkuatnya sejak 8 Februari, tulis Reuters.

Terhadap euro, yen juga menguat 0,15% menjadi 124,035 per euro dan bertambah 0,2% terhadap dolar Australia ke level 77,72.


Bursa-bursa saham di seluruh Asia terkoreksi pada Senin ini setelah data manufaktur AS dan Eropa pada hari Jumat lalu memperparah ketakutan akan melambatnya perekonomian global.

Selain itu, tanda-tanda resesi kembali menghantui Negeri Paman Sam, negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

Dunia Cemas AS Resesi, Yen Melesat ke Level Tertinggi 6 PekanFoto: Uang kertas Jepang 10.000 yen tersebar di pertukaran uang Interbank Inc. di Tokyo. REUTERS / Yuriko Nakao

Akhir pekan lalu, yield (imbal hasil) obligasi pemerintah AS tenor tiga bulan berada di 2,4527%, lebih tinggi ketimbang tenor 10 tahun yang sebesar 2,4373%. Ini menjadi kejadian pertama sejak Januari 2017.

Inversi antara tenor tiga bulan dan 10 tahun seringkali dijadikan indikator terjadinya resesi setidaknya dalam 18 bulan ke depan.

Investor yang meminta 'jaminan ' lebih tinggi untuk instrumen jangka pendek menggambarkan pembacaan yang suram terhadap kondisi perekonomian dalam waktu dekat.

(tas)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Tr2ffz

March 25, 2019 at 07:11PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dunia Cemas AS Resesi, Yen Melesat ke Level Tertinggi 6 Pekan"

Post a Comment

Powered by Blogger.