Search

Bukan Direksi, Ternyata Staf Cucu Humpuss yang Terjaring KPK

Jakarta, CNBC Indonesia - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) kepada petinggi BUMN PT Pupuk Indonesia, satu anggota DPR, dan pihak swasta yang diduga ikut terlibat.

KPK menyatakan ada tujuh orang yang diamankan pada OTT yang dilakukan dini hari tadi malam, Kamis (28/3/2019). Pihak swasta yang ikut serta diamankan yakni emiten pelayaran PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS).

Namun sumber internal Humpuss yang menolak disebutkan identitasnya mengungkapkan bahwa pihak yang terperiksa oleh KPK bukan petinggi perusahaan atau direksi Humpuss, melainkan staf pemasaran dari cucu perusahaan HITS.

"Tidak ada [direksi yang ditangkap]," kata sumber internal Humpuss tersebut.

"Benar cucu dari HITS sebagai pemilik tanker chemical yang disewa PT Pupuk Indonesia Logistik," katanya lagi.


Sebagai informasi, Pupuk Indonesia Logistik merupakan anak perusahaan dari PT Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC) yang bergerak di bidang pelayaran dan jasa angkutan laut.


Dihubungi terpisah, Sekretaris Perusahaan Humpuss Intermoda Transportasi Okty Saptarini Minarti enggan berkomentar.

Sebelumnya, CNN Indonesia, memberitakan KPK menangkap seorang anggota DPR dalam rangkaian OTT terkait dengan dugaan suap distribusi pupuk. Sebelum anggota DPR, KPK telah lebih dahulu mencokok tujuh orang, antara lain direksi BUMN dari Pupuk Indonesia serta pihak Humpuss.

"Dini hari tadi, KPK mengamankan satu orang anggota DPR-RI," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah seperti dilansir CNN Indonesia, Kamis (28/3/2019).

Dari sisi kinerja, Humpus membukukan kenaikan laba bersih hingga 71,91% year-on-year menjadi US$ 12,04 juta atau setara Rp 171,82 miliar dibanding 2017 sebesar US$ 7 juta.

Lonjakan laba bersih perusahaan disokong oleh kenaikan pendapatan usaha sebesar 21% yang berasal dari kenaikan jasa sewa kapal untuk transportasi gas alam cair.

(tas/hps)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2FCRVMn

March 28, 2019 at 09:51PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bukan Direksi, Ternyata Staf Cucu Humpuss yang Terjaring KPK"

Post a Comment

Powered by Blogger.