Search

Angin Segar dari Beijing, Bursa Saham Asia Kompak Menguat

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham utama kawasan Asia kompak mengakhiri perdagangan terakhir di pekan ini, Jumat (29/3/2019) dengan penguatan.

Indeks Nikkei naik 0,82%, indeks Shanghai juga naik 3,2%, indeks Hang Seng menguat 0,96%, indeks Straits Times naik 0,29%, dan indeks Kospi naik 0,59%.

Angin segar bagi bursa saham regional datang dari negosiasi dagang AS-China yang berlangsung konstruktif. Pada hari ini, Kepala Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin telah selesai melakukan dialog dagang dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He di Beijing.


Melalui cuitan di akun Twitter, Mnuchin menyebut bahwa negosiasi dagang dengan China berlangsung konstruktif.

"@USTradeRep (Lighthizer) dan saya menyelesaikan negosiasi dagang yang konstruktif di Beijing," cuit Mnuchin melalui akun Twitternya, @stevenmnuchin1.

Negosiasi Dagang Konstruktif, Bursa Saham Asia Kompak MenguatFoto: @Stevenmnuchin1

"Saya menantikan [momen] untuk menyambut Wakil Perdana Menteri China Liu He guna melanjutkan diskusi yang penting ini di Washington pada pekan depan," tambah Mnuchin dalam cuitan yang sama.

Sebelumnya, pejabat pemerintahan AS mengatakan bahwa China menawarkan proposal yang lebih berani dibandingkan yang mereka tawarkan sebelumnya, termasuk proposal guna mengatasi masalah pemaksaan transfer teknologi, seperti dikutip dari Reuters.


"Mereka [China] berbicara mengenai pemaksaan transfer teknologi dalam koridor yang sebelumnya tak pernah ingin mereka bicarakan - baik dalam cakupan maupun detailnya," papar pejabat tersebut kepada Reuters.

Pejabat tersebut juga mengungkapkan bahwa para negosiator telah membuat kemajuan terkait dengan penulisan kesepakatan dagang kedua negara.

"Jika Anda melihat [draf] kesepakatan tertulis sebulan yang lalu dibandingkan dengan saat ini, kami telah menciptakan kemajuan di semua bidang."

TIM RISET CNBC INDONESIA

(ank/tas)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2U3qDZD

March 30, 2019 at 12:36AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Angin Segar dari Beijing, Bursa Saham Asia Kompak Menguat"

Post a Comment

Powered by Blogger.