Search

Duh! Polusi Udara Bikin Ekonomi RI Rugi Triliunan Rupiah

Jakarta, CNBC Indonesia - Susah jadi manusia. Kalau tidak bernafas mati, tetapi kalau bernafas ya bisa mati juga (meski mungkin tidak dalam waktu dekat). Kok bernafas malah bikin mati? Udara yang saat ini kita hirup tidak sehat-sehat amat, malah begitu banyak mudaratnya. Mengutip AirVisual, kualitas udara Jakarta pada pukul 09:31 WIB berstatus tidak sehat. 
Ini Resep Atas Polusi a la Bank DuniaAirVisual
Ya, isu polusi (terutama di Jakarta) kini menjadi ramai dibicarakan di berbagai kesempatan. Obrolan di warung kopi, media sosial, sampai ke Balai Kota Jakarta. Untuk mengatasi polusi di Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Ada berbagai kebijakan yang dikedepankan eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut. 
Pertama, usia angkutan umum dan kendaraan pribadi tidak boleh lebih dari 10 tahun dan tidak lulus uji emisi. Kedua, ada rencana perluasan kawasan ganjil-genap. Ketiga, mendorong peralihan preferensi masyarakat ke transportasi publik dan meningkatkan kenyamanan pejalan kaki.

Ketiga, menggalakkan penghijauan terutama untuk tanaman yang mampu mengendalikan polutan. Keempat, menggenjot penggunaan energi terbarukan dengan pemasangan panel surya di instansi pemerintah dan sekolah.

 Sebenarnya agak heran mengapa isu polusi (terutama di Jakarta) baru merebak akhir-akhir ini. Sebab, masalah polusi sejatinya sudah lumayan lama menjadi perhatian komunitas internasional. 
(BERLANJUT KE HALAMAN 2 (aji/aji)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2KmVlVZ

August 04, 2019 at 05:35PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Duh! Polusi Udara Bikin Ekonomi RI Rugi Triliunan Rupiah"

Post a Comment

Powered by Blogger.