"Angka transaksi ini dikumpulkan dari sekitar delapan pemain utama e-commerce di Indonesia," ujar Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara, kepada sejumlah wartawan saat berkunjung ke Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur akhir pekan lalu.
Data tersebut merinci transaksi berdasarkan produk yang dibeli dari toko online sebagai berikut:- Gadget & accessories nilainya Rp 16,823 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 8,018 triliun
- Fashion nilainya Rp 12,125 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 3,357 triliun
- Computer & accessories nilainya Rp 7,814 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 3,672 triliun
- Personal care & cosmetic, nilainya Rp 7,443 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 2,695 triliun
- Electronic nilainya Rp 5,255 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 2,313 triliun
- HH & Office Supplies nilainya Rp 4,909 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 1,899 triliun
- Automotive & Accessories nilainya Rp 3,739 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 1,581 triliun
- Food and beverages nilainya Rp 2,289 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 630,6 miliar
- Photography nilainya Rp 2,49 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 1,409 triliun
- Sport Apparel nilainya Rp 2,49 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 1,409 triliun
- Book & Stationary nilainya Rp 689,39 miliar, dari tahun sebelumnya Rp 227,4 miliar
- Music and film nilainya Rp 453,32 miliar, dari tahun sebelumnya Rp 207,2 miliar
- Lainnya nilainya Rp 11,377 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 3,846 triliun
Foto: infografis/infografis Persaingan Toko Online di Indonesia/Aristya Rahadian Krisabella
|
Sementara untuk Januari 2019 saja, BI mencatat nilai transaksi di toko online angkanya mencapai Rp 8,204 triliun. Ini meningkat tinggi, yaitu 135,8% dibandingkan Januari 2018 lalu.
Saksikan video tentang persaingan e-commerce Indonesia di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]
(roy)
https://ift.tt/2CcEgek
March 11, 2019 at 05:29PM
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Wow! Transaksi e-Commerce RI 2018 Capai Rp 77 T, Lompat 151%"
Post a Comment