Search

Ini Perbincangan Anies-DPRD Soal Tarif MRT Jakarta Rp 10.000

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta sepakat untuk mengubah tarif Moda Raya Terpadu (MRT) fase pertama menjadi rata-rata Rp 10.000/10 km.

Keputusan ini disepakati kedua belah pihak, selang satu hari setelah pemerintah provinsi dan DPRD DKI Jakarta menggelar rapat. Dari hasil rapat, diputuskan tarif rata-rata sebesar Rp 8.500/10 kilometer.

Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Ashraf Ali saat berbincang dengan CNBC Indonesia memang tak memungkiri ada mispersepsi antara DPRD dengan DKI dalam mengartikan tarif rata-rata dengan tarif flat.


"Jadi sekarang opini yang harus dibangun tarif MRT itu bukan Rp 8.500 tapi berdasarkan jarak per stasiun agar tidak memberatkan masyarakat," kata Ashraf.

Isi Perbincangan Anies & DPRD Soal Tarif MRTFoto: Infografis/Tarif Mrt Jakarta/Edward Ricardo

Kemarin, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memang menyambangi DPRD Ibu Kota untuk kembali membahas penentuan tarif MRT fase pertama.

Pertemuan tersebut, diakui Ashraf dilakukan di dalam ruangan pribadi Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi, dan dihadiri oleh seluruh pimpinan komisi DPRD.

Dalam pertemuan tersebut, Anies disebut meminta kepada DPRD agar penentuan tarif tidak berdasarkan jarak melainkan lebih menekankan tarif dari satu stasiun ke stasiun lainnya.

"Jadi ini argumentasinya saja. Tidak ada nilai jauh dekat, tidak ada. Sudah bukan lagi bicara tarif, tapi per stasiun," jelasnya.

Tarif yang disepakati, sambung Ashraf, sudah memperhitungkan subsidi yang akan digelontorkan pemerintah daerah untuk setiap pembelian tiket MRT. Namun, Ashraf belum merinci lebih jauh terkait hal itu.

"Nanti sudah ada penghitungannya sendiri. Nilai subsidi berdasarkan jarak, nanti akan dihitung," tegasnya.

Sebagai informasi, tarif Rp 10.000/10 km sendiri terdiri atas dua komponen, yakni boarding fee yang dipatok sebesar Rp 1.500 ditambah unit price per kilometer (harga per kilometer) yang dikalikan jarak.

Tarif Rp 10.000/10 km unit harga per km nya dipatok Rp 850. Nantinya, setiap penumpang akan dikenakan biaya minium Rp 3.000 pada saat tap in di stasiun keberangkatan.

(dru)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2TXHeyg

March 27, 2019 at 06:29PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Perbincangan Anies-DPRD Soal Tarif MRT Jakarta Rp 10.000"

Post a Comment

Powered by Blogger.