Search

Ikuti Bursa Saham Regional, IHSG Anteng di Zona Hijau

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 0,16% ke level 6.480,56 pada perdagangan hari ini, Rabu (27/3/2019), dari penutupan hari sebelumnya.

Pada pukul 9:10 WIB, penguatan IHSG menipis menjadi 0,06% ke level 6.473,87.

Kinerja IHSG senada dengan mayoritas bursa saham utama kawasan Asia yang juga sedang ditransaksikan di zona hijau: indeks Shanghai naik 0,58%, indeks Hang Seng menguat 0,43%, dan indeks Straits Times naik 0,03%.

Optimisme dalam menyambut negosiasi dagang AS-China yang akan digelar di Beijing pada Kamis dan Jumat (28-29 Maret) pekan ini mendorong pelaku pasar melakukan aksi beli di bursa saham regional.


Dalam negosiasi kali ini, Kepala Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin akan melakukan dialog dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He untuk mencoba mencapai kesepakatan dagang.

Sejauh ini, AS telah mengenakan bea masuk baru bagi produk impor asal China senilai US$ 250 miliar, sementara China membalas dengan mengenakan bea masuk baru bagi produk impor asal AS senilai US$ 110 miliar.

Jika kedua negara bisa mencapai kesepakatan dagang, besar kemungkinan bahwa pengenaan bea masuk tersebut akan dihapuskan dan mendorong laju perekonomian kedua negara.

Hal ini menjadi sangat penting guna mencegah perekonomian China mengalami hard landing pada tahun ini.

Sebagai informasi, pemerintah China belum lama ini resmi memangkas target pertumbuhan ekonomi untuk tahun ini menjadi di kisaran 6%-6,5%.

Sebelumnya, target pertumbuhan ekonomi tahun 2019 dipatok di kisaran 6,5%.

Ikuti Bursa Saham Regional, IHSG ke Zona HijauFoto: PM Inggris Theresa May kembali bicarakan Brexit di Parlemen (CNBC Indonesia TV)

Di sisi lain, penguatan bursa saham regional dibatasi oleh ketidakpastian terkait dengan proses perceraian Inggris-Uni Eropa (Brexit) ikut memantik aksi jual.

Hingga kini, parlemen Inggris masih terbelah, belum ada suara yang bulat untuk mengarah ke sebuah perjanjian perceraian dengan Uni Eropa.

Pada Rabu waktu setempat, parlemen akan melakukan pemungutan suara untuk menentukan langkah yang akan diambil terkait dengan Brexit.

Beberapa opsi yang mencuat antara lain Inggris dan Uni Eropa akan berdiskusi kembali soal wilayah kepabeanan setelah resmi bercerai, Inggris tetap berada di wilayah kepabeanan tunggal Uni Eropa, atau menerapkan seperti Norwegia yaitu Inggris tetap berada di pasar tunggal Uni Eropa tetapi tidak masuk di wilayah kepabeanan.

Jika parlemen tak juga bisa mencapai kesepakatan, maka terdapat peluang Inggris akan meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan apapun (No-Deal Brexit). Hal ini dipastikan akan memukul laju perekonomian Inggris dan Uni Eropa secara signifikan.

TIM RISET CNBC INDONESIA

(ank/tas)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2WpECWs

March 27, 2019 at 04:27PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ikuti Bursa Saham Regional, IHSG Anteng di Zona Hijau"

Post a Comment

Powered by Blogger.