Search

China Blokir Impor Batu Bara Australia

Beijing, CNBC Indonesia - Kepabeanan Dalian, pelabuhan sebelah utara China, telah melarang impor batu bara Australia dan akan membatasi seluruh impor komoditas tersebut dari seluruh sumber hanya 12 juta ton hingga akhir 2019, kata seorang pejabat di Dalian Port Group kepada Reuters, Kamis (21/2/2019).

Pelarangan impor tanpa batas waktu dari pemasok utama, Australia, yang berlaku efektif sejak awal Februari itu terjadi saat pelabuhan-pelabuhan besar lainnya di China memperpanjang waktu clearing bagi batu bara Australia menjadi paling sedikit 40 hari.

Hubungan Australia dengan China telah memburuk sejak 2017 ketika Canberra menuduh China mencampuri urusan dalam negerinya. Ketegangan kembali memanas bulan lalu setelah Australia menolak visa pebisnis terkenal China hanya beberapa bulan setelah memblokir perusahaan teknologi China Huawei Technologies dari jaringan 5G-nya.

Batu bara adalah sumber pemasukan ekspor terbesar Australia dan dolar Australia anjlok lebih dari 1% akibat kekhawatiran blokir di Dalian akan memukul perekonomian yang sedang melambat, dilansir dari Reuters.


Saat ditanya apakah pelarangan itu terkait dengan ketegangan bilateral, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang mengatakan pada hari Kamis bahwa kepabeanan sedang menginspeksi dan mengetes impor batu bara dengan alasan keamanan dan kualitas.

"Tujuannya adalah untuk menjaga hak hukum dan kepentingan importir China dengan lebih baik dan melindungi lingkungan," ujarnya. Ia menambahkan bahwa langkah itu sepenuhnya normal.

Impor melalui Dalian hanyalah 1,8% dari total ekspor batu bara Australia. Namun, bila pelarangan itu mencerminkan hubungan bilateral yang memburuk, dampaknya akan lebih luas, kata kepala ekonom National Australia Bank dalam sebuah catatan riset, Kamis.

Lima pelabuhan di bawah kepabeanan Dalian, Dalian, Bayuquan, Panjin, Dandong, dan Beiliang, tidak akan mengizinkan batu bara Australia masuk, kata sang pejabat yang dikutip Reuters.

Sementara itu, impor batu bara dari Rusia dan China tidak akan terdampak.

China Blokir Impor Batu Bara AustraliaFoto: Aristya Rahadian Krisabella

Kepabeanan Dalian berkontribusi pada 7% total impor batu bara China di 2018, menurut data Wood Mackenzie.

China membeli 28,26 juta ton cooking coal dari Australia di 2018, sekitar 43,5% dari total impor batu bara Negeri Tirai Bambu, menurut data kepabeanan.

Saksikan video mengenai tanggapan INDY mengenai pembatasan impor batu bara China berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(hps)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Iq6yaC

February 22, 2019 at 07:20PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "China Blokir Impor Batu Bara Australia"

Post a Comment

Powered by Blogger.