Search

Intip Cuan dari Obligasi, Hari Ini Berpotensi Reli Lagi

Jakarta, CNBC Indonesia - Penguatan pasar obligasi diprediksi akan melanjutkan penguatan hari ini di tengah redanya tekanan dari luar negeri.

"Tekanan pasar keuangan global mereda setelah pelaku pasar berspekulasi bahwa koreksi yang terjadi sejak akhir pekan lalu terlalu berlebihan," ujar Ariawan, Head of Fixed Income Research PT BNI Sekuritas dalam risetnya pagi ini (27/3/19).

Menurut dia, lebih buruknya data ekonomi Amerika Serikat (AS) seperti data perumahan, izin bangunan, keyakinan konsumen, tidak memberikan dampak signifikan terhadap pergerakan pasar keuangan global kemarin.


Apalagi, lanjutnya, minat investor terhadap risiko menguat semalam yang tercermin dari penguatan pasar saham Wall Street dan Eropa.

Selain itu, dia juga menilai penerbitan SUN dalam lelang rutin obligasi konvensional kemarin yang mendapatkan nilai permintaan mencapai Rp 59,5 triliun kemarin serta suksesnya penerbitan sukuk ritel (SR) seri 011 senilai Rp 21,12 triliun (yang di atas target Rp 10 triliun) turut menjadi penambah faktor positif.

"Suksesnya penerbitan obligasi oleh pemerintah sejak awal tahun akan menurunkan tekanan di pasar surat utang domestik dan dapat menambah katalis positif di pasar."

Dengan prediksi positif tersebut untuk perdagangan hari ini, Ariawan dan tim menyarankan investor untuk menjadikan surat utang negara (SUN) bertenor menengah panjang sebagai pilihan seperti FR0077, FR0078, FR0054, FR0058, FR0065, FR0068, dan FR0079.

Selain itu, data kepemilikan investor asing yang kembali menembus rekor pada 22 Maret turut menambah keyakinan investor terhadap kepercayaan global pada efek utang pemerintah.

TIM RISET CNBC INDONESIA (irv/hps)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2uwSWR4

March 27, 2019 at 04:00PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Intip Cuan dari Obligasi, Hari Ini Berpotensi Reli Lagi"

Post a Comment

Powered by Blogger.