Search

Asing Borong Saham, Jelang Weekeng IHSG Berpeluang Naik

Jakarta,CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,55% ke level 6.480 pada penutupan perdagangan, Kamis (28/3/2019). Aksi beli investor asing pada sesi II membawa IHSG menuju level yang lebih tinggi.

Asing mencatatkan beli bersih (net buy) yang mencapai Rp 266 miliar di pasar reguler. Adapun 5 besar saham yang dibeli asing mengalami kenaikan, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk/TLKM (+1,83%), PT Bank Mandiri /BMRI (+3,14%), PT Gudang Garam/GGRM (+0,06%), PT Barito Pacific/BRPT (+2,28%) dan PT Jasa Marga/JSMR (+3,98%).

Namun secara keseluruhan, indeks sektor keuangan yang menguat 1,22% menjadi sektor yang paling mendorong kenaikan IHSG hari ini dengan sumbangan poin penguatan paling tinggi.

Secara sentimen, perbaikan hubungan AS-China memberikan sentimen positif bagi bursa-bursa Asia. Kementerian perdagangan China hari ini, Kamis (28/3/2019), mengatakan bahwa Wakil Perdana Menteri Liu He akan mengadakan pembicaraan dagang dengan perwakilan perdagangan AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin.

Pembicaraan itu diperkirakan berlangsung selama satu hari penuh pada hari Jumat, kata juru bicara kementerian Gao Feng kepada wartawan dalam sebuah briefing rutin.

Secara teknikal, IHSG menunjukkan tanda-tanda kenaikan esok hari. Indeks mulai bergerak di atas rata-rata nilainya dalam lima hari terakhir (moving average/MA5).

Asing Borong Saham Rp 266 Miliar, IHSG Langsung Menguat 0,56%Sumber: Refinitiv
Selain itu, terbentuknya pola short white candle mengindikasikan IHSG sedang melanjutkan tren kenaikannya (uptrend).

Ruang penguatan terlihat cukup terbuka mengingat posisi IHSG saat ini belum memasuki wilayah jenuh belinya (overbought), jika mengacu pada indikator teknikal Stochastic Slow (SS) yang digunakan untuk mengukur tingkat kejenuhan pasar.

TIM RISET CNBC INDONESIA (yam/yam)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2U2QFMD

March 29, 2019 at 12:12AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Asing Borong Saham, Jelang Weekeng IHSG Berpeluang Naik"

Post a Comment

Powered by Blogger.