Search

Efek Dovish BI Berpotensi Masih Berpengaruh Positif Pada IHSG

Jakarta,CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,38% ke level 6.537 pada perdagangan Kamis (21/2/2109). Sentimen positif dari The Fed yang menahan suku bunga acuan memberikan angin segar bagi bagi bursa saham nasional karena diikuti oleh Bank Indonesia (BI) yang juga hari ini mengumumkan BI 7 day RR di level yang sama.

Hal itu berdampak positif bagi indeks sektor keuangan yang menguat 0,57% dan memberikan sumbangan poin tertinggi sebanyak 11 poin. Kenaikan IHSG pada hari ini juga diiringi oleh porsi pembelian saham investor asing yang lebih besar. Asing tercatat net buy senilai Rp 436 miliar di pasar reguler.

Secara teknikal, IHSG menunjukkan tanda-tanda penguatan terhadap pergerakan selanjutnya seiring terbentuknya pola bullish harami.

Sumber: Refinitiv
Indeks juga dalam mode penguatannya secara jangka menengah karena bergerak di atas rata-ratanya selama dua puluh hari (moving average/MA20). Karena itu ada potensi IHSG besok kembali menguat.

Salah satu sentimen positif yang mempengaruhi IHSG esok hari kemungkinan dari penguatan rupiah. Rupiah yang hari ini melemah 0,16% berpotensi bangkit karena masih bergerak di atas rata-rata penguatannya selama lima hari ke belakang.

Sentimen lain yang akan menjadi kabar positif adalah perkembangan dialog perang dagang antara China dengan Amerika Serikat (AS). Tersiar kabar bahwa AS-China sudah menyepakati nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) untuk menuju damai dagang.

Mengutip Reuters, beberapa orang sumber mengungkapkan MoU tersebut setidaknya mencakup enam poin yaitu perlindungan terhadap kekayaan intelektual, perluasan investasi sektor jasa, transfer teknologi, pertanian, nilai tukar, dan halangan non-tarif (non-tariff barrier) di bidang perdagangan.

China juga disebut sepakat untuk semakin mengurangi surplus perdagangan dengan AS. Oleh karena itu, China akan membuat daftar 10 barang yang bisa membuat ketimpangan itu semakin sempit.

TIM RISET CNBC INDONESIA (yam/hps)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2tzcXWA

February 22, 2019 at 01:54AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Efek Dovish BI Berpotensi Masih Berpengaruh Positif Pada IHSG"

Post a Comment

Powered by Blogger.