Search

Korea Utara dan Jepang Bikin Rupiah Susah Menguat

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus melemah di perdagangan pasar spot hari ini. Berbagai sentimen negatif eksternal menerpa rupiah dan mata uang Asia lainnya.

Pada Rabu (6/3/2019) pukul 12:00 WIB, US$ 1 dibanderol Rp 14.145. Rupiah melemah 0,21% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya. 

Kala pembukaan pasar, rupiah sudah melemah 0,04%. Selepas itu, depresiasi rupiah semakin dalam. 


Namun rupiah tidak sendiri. Nyaris seluruh mata uang utama Asia menyerah d hadapan dolar AS, tinggal menyisakan yen Jepang sendirian di zona hijau. 

Berikut perkembangan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama Benua Kuning pada pukul 12:06 WIB: 

 

Mata uang Asia terpukul akibat kabar terbaru hubungan AS-Korea Selatan. Selepas perundingan di Vietnam yang tanpa hasil, relasi kedua negara belum juga harmonis. 


"Jika mereka tidak mau melakukan itu (denuklirisasi), maka sikap Bapak Presiden sudah sangat jelas. Mereka tidak akan mendapatkan keringanan sanksi ekonomi. Justru kami akan mempertimbangkan untuk menambah sanksi," tegas John Bolton, Penasihat Pertahanan Gedung Putih, dalam wawancara dengan Fox Business Network, dikutip dari Reuters. 

Bahkan ada kabar yang lebih menakutkan. Kantor berita Yonhap melaporkan bahwa Korea Utara mulai membangun kembali misil yang dilucuti tahun lalu.

Aktivitas ini dilakukan di Tongchang-ri. Berdasarkan citra satelit, terlihat ada struktur landasan luncur (launchpad) misil dibangun antara 16 Februari hingga 2 Maret. </span> 

Tanpa ada dialog lanjutan, bisa-biasa Semenanjung Korea  bakal memanas lagi. Uji coba misil oleh Korea Utara tentu akan membuat Trump murka. Damai di Semenanjung Korea pun menjadi taruhannya. 

Situasi ini tentu membuat investor tidak tenang karena ada potensi konflik yang bukan sembarang konflik tetapi konfrontasi bersenjata. Melihat risiko yang begitu besar, investor memilih bermain aman dengan 'memeluk' dolar AS. 


(BERLANJUT KE HALAMAN 2)

(aji/aji)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2EEgMPx

March 06, 2019 at 07:24PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Korea Utara dan Jepang Bikin Rupiah Susah Menguat"

Post a Comment

Powered by Blogger.