Search

Perlambatan Ekonomi Dunia Kian Nyata, IHSG ke Zona Merah

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah 0,3% pada perdagangan terakhir di pekan ini ke level 6.518,19. Pada pukul 9:32 WIB, IHSG telah memperlebar kekalahannya menjadi 0,42% ke level 6.510,49.

Kinerja IHSG senada dengan bursa saham utama kawasan Asia yang juga ditransaksikan melemah: indeks Nikkei turun 0,46%, indeks Shanghai turun 0,23%, indeks Hang Seng turun 0,53%, indeks Straits Times turun 0,32%, dan indeks Kospi turun 0,46%.

Bursa saham regional melemah kala AS dan China sudah kian dekat dalam mencapai kesepakatan dagang.

"Saya bisa katakan bahwa kami sedang memasuki fase sprint terakhir. Kedua pihak sedang bekerja keras untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum tenggat waktu," tutur seorang anggota delegasi China kepada Reuters.

Sebelumnya, Reuters memberitakan bahwa AS dan China sudah mulai menyusun nota kesepahaman untuk mengakhiri perang dagang yang sudah berjalan selama 7 bulan.

Delegasi kedua negara kini menyusun sebanyak 6 nota kesepahaman yang mencakup berbagai isu yakni pemaksaaan transfer teknologi & pencurian kekayaan intelektual, hak kekayaan intelektual, sektor jasa, nilai tukar, agrikultur, dan halangan non-tarif (non-tariff barrier) di bidang perdagangan, menurut 2 orang sumber yang mengetahui masalah tersebut, seperti dilansir dari Reuters.

Kedua negara ingin mencapai kesepakatan paling lambat pada tanggal 1 Maret, yang merupakan tanggal berakhirnya periode gencatan senjata bidang perdagangan antara AS dan China.

Jika kesepakatan tak juga dicapai dan Presiden AS Donald Trump memutuskan untuk tak memperpanjang periode gencatan senjata antar kedua negara, maka bea masuk bagi produk impor asal China senilai US$ 200 miliar akan dinaikkan menjadi 25% (dari yang saat ini 10%) mulai tanggal 2 Maret.

Sebagai informasi, sepanjang pekan ini AS dan China menggelar negosiasi dagang di Washington. Pada hari Selasa dan Rabu, negosiasi yang digelar adalah di tingkat wakil menteri, sementara negosiasi tingkat menteri digelar pada hari Kamis dan Jumat. (ank)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2BLiU7C

February 22, 2019 at 04:43PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perlambatan Ekonomi Dunia Kian Nyata, IHSG ke Zona Merah"

Post a Comment

Powered by Blogger.