Search

No Happy Weekend, Rupiah?

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali melemah di kurs tengah Bank Indonesia (BI). Pelemahan rupiah sudah terjadi selama 2 hari beruntun. 

Pada Jumat (22/2/2019), kurs tengah BI atau kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor berada di Rp 14.079. Rupiah melemah 0,16% dibandingkan posisi hari sebelumnya. 

Kemarin, rupiah juga melemah tipis 0,01% terhadap dolar AS di kurs tengah BI. Jadi dalam 2 hari ini rupiah terdepresiasi 0,12%. 

Sementara di pasar spot, rupiah pun tidak bisa berbuat banyak di hadapan dolar AS. Pada pukul 10:00 WIB, US$ 1 dihargai Rp 14.070 di mana rupiah melemah 0,09%. 

Depresiasi rupiah agak menipis, karena beberapa saat lalu sempat mencapai 0,16% dan menjadi mata uang terlemah di Asia. Kini posisi rupiah agak membaik. 


Baht Thailand berganti menjadi mata uang terlemah di Benua Kuning. Disusul oleh ringgit Malaysia dan yuan China berada di posisi ketiga dari bawah. Tidak ada nama rupiah di sana, lumayan lah...

Berikut perkembangan nilai tukar dolar AS terhadap sejumlah mata uang utama Benua Kuning pada pukul 10:17 WIB: 

Dolar AS melanjutkan keperkasaannya, tidak hanya di Asia tetapi juga secara global. Pada pukul 10:18 WIB, Dollar Index (yang mencerminkan posisi greenback terhadap enam mata uang utama dunia) masih menguat 0,02%. 

Mata uang Negeri Adidaya masih menyimpan energi untuk menguat karena The Federal Reserves/The Fed ternyata tidak sepenuhnya dovish. Masih ada kemungkinan kenaikan Federal Funds Rate sehingga greenback punya dorongan untuk menguat. 

"Sebagian besar peserta rapat menilai belum bisa dipastikan apakah kenaikan suku bunga lebih lanjut dibutuhkan pada sisa tahun ini. Akan tetapi, beberapa peserta rapat berpendapat kenaikan suku bunga bisa ditempuh saat inflasi lebih tinggi dari perkiraan dan ekonomi 2019 tumbuh sesuai perkiraan," papar notulensi rapat The Fed edisi Januari 2019 yang dirilis kemarin. 

Bila penguatan dolar AS terus berlangsung, maka akan menjadi alamat buruk buat rupiah. Sepertinya hari ini tidak akan berakhir dengan happy weekend bagi rupiah.

TIM RISET CNBC INDONESIA

(aji/aji)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2GWZ38X

February 22, 2019 at 05:28PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "No Happy Weekend, Rupiah?"

Post a Comment

Powered by Blogger.