Search

Australia Bantah Ada Pemblokiran Ekspor Batu Bara ke China

Sydney, CNBC Indonesia - Menteri Perdagangan Australia, Simon Birmingham, pada hari Jumat (22/2/2019) mengatakan tertundanya ekspor batu bara ke China disebabkan oleh kuota impor dan bukan pemblokiran batu bara Australia.

Dolar Australia anjlok lebih dari 1% hari Kamis setelah Reuters melaporkan bahwa kepabeanan di Dalian, China, telah melarang impor komoditas terbesar Australia itu sejak awal Februari.


Namun, Birmingham membantah Australia telah diperlakukan tidak adil.

"Kami tidak punya alasan untuk percaya bahwa ada larangan terhadap ekspor batu bara Australia untuk masuk ke China atau wilayah China," ujarnya kepada wartawan di Adelaide.

Australia Bantah Ada Pemblokiran Ekspor Batu Bara ke ChinaFoto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono

"Penerapan kuota yang ditambah dengan pengujian dan standar kualitas yang berbeda mungkin saja memperlambat proses pendataan batu bara di beberapa wilayah China," tambahnya.

Reuters melaporkan, Kamis (21/2/2019), bahwa kepabeanan di pelabuhan China, Dalian, telah melarang impor batu bara Australia sejak Februari dan akan membatasi impor dari semua sumber hanya 12 juta ton hingga akhir 2019.


Laporan itu juga mengatakan pelabuhan-pelabuhan besar lainnya di China telah memperpanjang masa clearing untuk batu bara Australia menjadi sedikitnya 40 hari.

Hubungan Australia dengan China telah memburuk sejak 2017 ketika Canberra menuduh China mencampuri urusan dalam negerinya.

Ketegangan kembali memanas bulan lalu setelah Australia menolak visa pebisnis terkenal China hanya beberapa bulan setelah memblokir perusahaan teknologi China Huawei Technologies dari jaringan 5G-nya.

Saksikan video pernyataan bos INDY mengenai pemblokiran batu bara Australia oleh China berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(hps)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2tyjdy4

February 22, 2019 at 08:58PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Australia Bantah Ada Pemblokiran Ekspor Batu Bara ke China"

Post a Comment

Powered by Blogger.