Search

AS-China Dekati Kesepakatan, Indeks Shanghai Malah Melemah

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Shanghai dibuka melemah 0,09% ke level 2.749,46, sementara indeks Hang Seng turun 0,53% ke level 28.478,96.

Bursa saham China dan Hong Kong melemah kala AS dan China sudah kian dekat dalam mencapai kesepakatan dagang.

"Saya bisa katakan bahwa kami sedang memasuki fase sprint terakhir. Kedua pihak sedang bekerja keras untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum tenggat waktu," tutur seorang anggota delegasi China kepada Reuters.

Sebelumnya, Reuters memberitakan bahwa AS dan China sudah mulai menyusun nota kesepahaman untuk mengakhiri perang dagang yang sudah berjalan selama 7 bulan.

Delegasi kedua negara kini menyusun sebanyak 6 nota kesepahaman yang mencakup berbagai isu yakni pemaksaaan transfer teknologi & pencurian kekayaan intelektual, hak kekayaan intelektual, sektor jasa, nilai tukar, agrikultur, dan halangan non-tarif (non-tariff barrier) di bidang perdagangan, menurut 2 orang sumber yang mengetahui masalah tersebut, seperti dilansir dari Reuters.

Kedua negara ingin mencapai kesepakatan paling lambat pada tanggal 1 Maret, yang merupakan tanggal berakhirnya periode gencatan senjata bidang perdagangan antara AS dan China.

Data ekonomi Jepang yang mengecewakan membuat bursa saham China dan Hong Kong tak bisa berbicara banyak. Pada pagi hari ini, tingkat inflasi Jepang periode Januari 2019 diumumkan di level 0,2% YoY, turun dari capaian bulan sebelumnya yang sebesar 0,3% YoY, seperti dilansir dari Trading Economics. Tingkat inflasi bulan Januari merupakan yang terlemah sejak Oktober 2017.

Kemarin (21/2/2019), perlambatan ekonomi Jepang ditunjukkan oleh pembacaan awal untuk data Nikkei Manufacturing PMI periode Februari yang diumumkan di level 48,5, lebih rendah dibandingkan konsensus yang sebesar 50,4, seperti dilansir dari Trading Economics.

Angka di bawah 50 menunjukkan bahwa aktivitas manufaktur Jepang mengalami kontraksi jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

TIM RISET CNBC INDONESIA (ank/hps)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2TYUWg4

February 22, 2019 at 03:58PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "AS-China Dekati Kesepakatan, Indeks Shanghai Malah Melemah"

Post a Comment

Powered by Blogger.