Search

Revolusi Industri 4.0, Sri Mulyani: Data is The New Mining

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut data merupakan sumber daya yang sama berharganya dengan barang tambang. Siapa yang bisa mengendalikan akan memenangkan persaingan.

Sri Mulyani menjelaskan peran penting data dalam bisnis dan pengambilan keputusan di sadari sejak kemunculan Revolusi Industri 4.0. Revolusi ini banyak mempengaruhi kehidupan manusia hingga pekerjaan.


"Efeknya terhadap efisiensi menjadi luar biasa besar. Nilai tambah muncul dengan adanya Revolusi Industri 4.0 tersebut," ujar Sri Mulyani dalam acara Peluncuran Data Sampel BPJS Kesehatan di Jakarta, Senin (25/2/2019).


Sri Mulyani menambahkan dalam Revolusi Industri 4.0 muncul fenomena model bisnis costumer centric. Artinya data sangat penting. Sekarang institusi mengumpulkan data secara elektronik untuk melayani kebutuhan konsumen.

Revolusi Industri 4.0, Sri Mulyani: Data is The New MiningFoto: Menteri Keuangan Sri Mulyani saat Peluncuran Data Sample BPJS Kesehatan (CNBC Indonesia/Yanurisa Ananta)

"Karena semua pake digital maka pilihan-pilihan itu tercapture, sehingga data real time. Saya tau persis di mana orang pergi untuk beli baju. Baju kayak apa yang tren. Kita bisa minta data ke Shopee, Bukalapak dan Tokopedia," ujar Sri Mulyani.

"Ini tambang baru di dunia Industri 4.0. Itulah kenapa data is new mining. Dulu orang kaya dari kuasai tambang minyak, emas, berlian. Sekarang orang bicara siapa orang terkaya dan lain-lain tidak something to dengan sumber daya alam."

Simak video Sri Mulyani menjawab tudingan tentang ekonomi Indonesia buruk di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2U3DN4U

February 25, 2019 at 05:57PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Revolusi Industri 4.0, Sri Mulyani: Data is The New Mining"

Post a Comment

Powered by Blogger.